HARI GURU NASIONAL 2020 DITENGAH PANDEMI

Peringatan hari guru nasional tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini saat pandemi covid 19 melanda seluruh dunia semua aspek kehidupan melambat dan terhenti. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mendapatkan imbasnya.

Dalam rangka peringatan hari guru nasional, SMK Sejahtera melakukan peringatan secara streaming melalui kanal youtube SMK Sejahtera Official. Kegiatan ini diisi dengan acara ceremony dan persembahan karya siswa yang dinaungi oleh OSIS SMK Sejahtera.

Dalam kesempatan HGN tersebut kepala sekolah memberikan sambutan yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Bidang Husemasin SMK Sejahtera Bapak Rahmadi Al Mukhlisan, M.Si. Berikut merupakan pidato nya..

PIDATO WAKIL BIDANG HUMAS SMK SEJAHTERA

PADA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL

TAHUN 2020

Bismillahirahmanirrahim

Yang terhormat Ketua Yayasan Pendidikan Islam Sejahtera, Bpk. Drs. H. Wagiono, S. beserta jajarannya

Yang saya hormati Kepala Sekolah, Bpk. Dr. H. Jumanta, M.Pd., M.Si.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah, Ibu Retnoningsih, S.Pd., M.Si.

Yang saya hormati Bapak-bapak Kepala Bidang, Ibu-ibu Kepala Program, Bapak/Ibu Guru dan Karyawan

Yang saya hormati Orang Tua/ Wali Siswa yang mengikuti Kegiatan ini dari rumah.

Yang saya cintai dan banggakan Siswa dan siswi SMK Sejahtera

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Kakak-kakak OSIS yang sudah semangat mempersiapkan pelaksanakan kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan mampu mempererat ikatan batin antara guru dan siswa yang sedang berjarak.

Anak-anakku Siswa dan Siswi SMK Sejahtera yang Bapak cintai.

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita memperingati Hari Guru Nasional dalam situasi pandemi Covid-19. Sistem pendidikan dimana saja, diseluruh dunia, terkena dampak langsung. Sekolah-sekolah pun sementara harus ditutup. Data UNESCO mencatat lebih dari 1,3 miliar populasi siswa dunia harus belajar dari rumah. Hampir satu generasi di dunia terganggu pendidikannya.

Bapak dan Ibu Orang Tua/Wali Siswa yang saya banggakan

Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Saya ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang begitu aktif terlibat mendampingi anaknya saat belajar dari rumah. Ayah dan Ibu bahu-membahu memberikan motivasi, menemani belajar, bahkan turut pula dengan sabar menjadi guru bagi anak-anaknya.

Sebagai manusia biasa, situasi sulit ini kadang kala membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak berdaya. Ada pilihan untuk menyerah, ada opsi untuk mengeluh. Namun, kita memilih terus bangkit dan berjuang.

Bapak dan Ibu Guru yang saya banggakan.

Akibat pandemi pula, jutaan guru dan tenaga kependidikan dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh. Berbagai metode pembelajaran online digunakan, agar transfer ilmu pengetahuan tetap berjalan. Untuk itu Bapak/Ibu guru terus berusaha melakukan adaptasi dengan tetap berupaya melakukan pembelajaran yang disenangi siswa saat pandemi ini. Dengan membuat berbagai inovasi dan kreatifitas yang bervariasi.

Sikap-sikap positif ini, semangat pantang menyerah dan gotong royong adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa.

Semuanya menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris darah para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi.

Siswa dan siswi SMK Sejahtera yang Bapak cintai dan banggakan

SMK Sejahtera dari awal berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk terus memperjuangkan hak ananda selaku peserta didik melalui kebijakan pengembangan sarana pendidikan, peningkatan profesionalisme guru, pelayanan siswa, serta kebijakan-kebijakan lainnya.

Berbagai kebijakan dan program kami buat di masa pandemi ini antara lain:

  1. Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan Aplikasi E-Learning SMK Sejahtera, sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih mudah dan cepat.
  2. Bantuan kuota internet dari SMK Sejahtera pada bulan september dan saat Penilaian Tengah Semester. Serta penyaluran Kuota Internet dari Kementrian Pendidikan kepada siswa.
  3. Penyederhanaan Kurikulum dalam masa pandemi.
  4. Pelaksanaan webinar dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
  5. Pelaksanaan kegiatan kesiswaan dengan cara online (antara lain kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Peringatan Hari Kemerdekaan, Peringatan Hari Pahlawan, Peringatan Hari Guru Nasional, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan memaksimalkan keaktifan ananda untuk lebih dekat dengan sekolah tercinta).
  6. Pelatihan Persiapan Uji Sertifikasi Kompetensi

dan program-program lainnya.

Semua kebijakan dan program ini tidak lain dirancang untuk membantu ananda sekalian dalam menjalani proses belajar mengajar di masa pandemi.

Kepada seluruh Bapak dan Ibu guru di manapun berada.

Guru adalah profesi yang mulia dan terhormat.

Terima kasih saya yang tak terhingga bagi Bapak dan Ibu guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-murid tercinta. Sekali lagi, terima kasih telah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia.

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020. Teruslah bangkitkan semangat dan bersatu, untuk anak-anak Indonesia.

Bilahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Disadur dari Pidato Mentri Pendidikan dan Kebudayaan

Pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 (dengan penyesuaian)

Jakarta, 25 November 2020

Bidang Humas SMK Sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *