Pertemuan Tatap Muka (PTM) Terbatas SMK Sejahtera

Jakarta, 27 September 2021

Semenjak pandemi awal maret tahun 2020 masuk Indonesia, praktis seluruh sektor kegiatan mengalami penyesuaian termasuk juga pendidikan terutama kegiatan belajar mengajar disekolah. Sistem pembelajaran yang biasanya tatap muka beralih menjadi tatap maya menggunakan aplikasi streaming dan juga elearning. Seluruh guru di “paksa” untuk menggunakan perangkat teknologi secara menyeluruh untuk kegiatan pembelajarannya, termasuk di SMK Sejahtera.

SMK Sejahtera termasuk sekolah yang sudah terbiasa menggunakan sistem pembelajaran blended learning. Dimana pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan online, dimana siswa mengakses materi yang sudah diberikan melalui elearning sekolah dan belajar tatap muka secara langsung.

Memasuki semester kedua pada tahun 2021, trend pandemi covid 19 mulai menurun. Kasus harian di DKI Jakarta telah menurun dan memasuki level 3. Kesempatan ini menjadi peluang untuk sekolah membuka pembelajaran tatap muka secara normal kembali. Namun untuk mendapatkan izin secara resmi pembukaan tatap muka dari dinas pendidikan bukanlah perkara yang mudah. Dimana sekolah harus memiliki kesiapan dan dan mengikuti kegiatan pelatihan terlebih dahulu.

Sebelum dilakukan pembukaan tatap muka. Seluruh tenaga kependidikan telah mendapatkan vaksin sebanyak 2 kali, kemudian peralatan dan SOP protokol kesehatan telah terpenuhi. Selain itu, seluruh guru mengikuti kegiatan pembelajaran persiapan pembukaan sekolah yang disediakan oleh dinas pendidikan DKI Jakarta serta melibatkan juga orang dan peserta didik. Orang tua dan peserta didik menyelesaikan 1 modul pembelajaran persiapan tatap muka terbatas, sedangkan untuk menyelesaikan 11 modul yang diselesaik selama 2 minggu. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah dikeluarkannya surat keputusan pembukaan sekolah.

Alhamdulillah setelah mengikuti rangkaian kegiatan persiapan tersebut, SMK Sejahtera memperoleh izin pembukaan tatap muka terbatas dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 984 Tahun 2021.

Kegiatan pertemuan tatap muka secara terbatas ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan dalam satu minggu. Dimulai hari Senin, Rabu dan Jumat, hari lainnya digunakan untuk pembersihan lingkungan sekolah untuk memastikan sekolah benar- benar dalam keadaan steril dan selalu siap digunakan. Selain itu juga kegiatan ini terus dipantau oleh pengawas yang secara bergilir datang kesekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *